Sabtu, 26 Desember 2015

Mendongeng dengan Hati..




“Siapa yang tahu… selain Dia; bahwa kini hidupku semakin penuh warna dengan selalu bersama mereka anak-anak didikku.” –REN,-

Tuhan selalu punya banyak kejutan yang begitu indah. Nikmat kebahagiaan yang selalu kukecap detik demi detik. Namun aku juga ingat bahwa “kebahagiaan” yang kurasakan hanyalah titipan dari-Nya yang sewaktu-waktu bisa saja harus kembali padanya. Akan tetapi selama nikmat ‘bahagia’ masih kurasa, aku akan terus berjuang untuk membagi kebahagiaan yang kupunya pada mereka; orang yang ada disekitarku.

Salah satu caraku untuk berbagi adalah dengan mendongeng. Mendongeng dengan hati; karena ku yakin yang berasal dari hati akan jatuh ke hati pula. Maka dengan penuh cinta kuberbagi cerita pada mereka; anak-anak didikku.

Anak-anak adalah titipan Tuhan yang begitu indah. Dimana kepolosan mereka membuat kita tersentuh dan terharu. Mereka itu bak tanaman, sedangkan kita (pengajar) adalah pupuk yang akan menyuburkan mereka dengan Al-Qur’an. 

Jumat, 04 Desember 2015

Blitar Journey #enam

Kampung Coklat..
Mau beli tiket dulu hehe

Tepat 29 November 2015, kami para delegasi ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan berlanjut menikmati wisata Kampung Coklat setelah dari Candi Penataran.

Kampung Coklat terletak di Jl. Banteng-Blorok No. 18 RT. 01/ RW. 06, Desa Plosorejo, Kademangan, Blitar, Jawa Timur. Buka mulai pukul 9:00 AM – 4:00 PM.

Wisata Edukasi Kampung Coklat di Blitar ini sangat recommended untuk dikunjungi oleh semua kalangan. Utamanya para keluarga nih, agar bisa belajar sambil berlibur bersama anak-anak. Hal ini benar adanya dimana saat kami berkunjung ke Kampung Coklat ini, banyak pengunjung lain dari berbagai kalangan. Bahkan banyak juga pengunjung dari luar Blitar.

Blitar Journey #lima



Candi Penataran
 
Candi Penataran
“Cintaku tertinggal di Candi Penataran, Blitar, Jawa Timur. Hal ini disebabkan karena kecantikan Candi Penataran begitu mempesona. Indah seindah indahnya; merasuk dalam hati dan jiwaku. Utamanya bunga Teratai yang berdiri anggun nan tegas menghiasi pelataran Candi Penataran.”

“Bumi Pertiwi begitu indah, Nak. Maka jelajahi ia selagi engkau masih muda dan bisa.”

Masih di tanggal 29 November 2015, kami bertujuh para delegasi ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan berkunjung ke Candi Penataran dan tiba di lokasi tepat saat dzuhur. Tentu tunaikan shalat dzuhur terlebih dahulu, selepas itu baru menikmati indahnya Candi Penataran.

Candi Penataran; terletak di desa Penataran, kecamatan Nglegok, Jawa Timur. Secara sederhana berada tepat di lereng barat daya gunung Kelud dan jarak tempuh sekitar 12 km dari Blitar.

Kamis, 03 Desember 2015

Blitar Journey #empat

Kota Blitar…
Pusara Bung Karno
 Makam Proklamator Ir. Soekarno


Masih di tanggal yang sama yakni 29 November 2015. Setelah menyusuri Museum dan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, kami berlanjut menuju makam Bung Karno yang tak seberapa jauh lokasinya dari perpustakaan.

Berjalan menuju makam, kami melewati sebuah gong besar sekali. Gong ini juga ada di Jogja, yakni Gong Perdamaian.

Gong Perdamaian (Yang baju batik; Pustakawan UPT PBK)

Saat jalan; tak sengaja tampak olehku bunga kemuning yang begitu cantik. Aku tertarik. Dan pada akhirnya kuabadikan juga ia dalam kamera ponselku. 

Blitar Journey #tiga



Kota Blitar…
“Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah tetapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” –Ir. Soekarno.
“Ayo bangkit! Dan berjuanglah wahai pemuda Indonesia.”—Ir. Soekarno.

Dokumen Pri. Almer, Bastian, Rima, Yeni, Destyo, Inas, Khoir

Museum dan Perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar

Tepat pada hari minggu, 29 November 2015 kami berkunjung ke Museum dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Proklamator Bung Karno yang berada di Jl. Kalasan No.1 Blitar, Jawa Timur.

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Proklamator Bung Karno pada dasarnya masih dibawah UPT Perpustakaan Nasional RI. Pembangunan UPT Perpustaaan Proklamator Bung Karno ini karena alasan sederhana bahwa Soekarno adalah milik seluruh Bangsa Indonesia. Selain itu, ada tiga dasar pokok perpustakaan ini dibangun di Blitar, hal ini kuketahui setelah membaca artikel UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Tiga dasar pokok itu adalah aspek historis, aspek ideologis, dan aspek empiris.

Blitar Journey #dua


Kota Blitar… 

"Kau yang cinta akan ketenangan, kedamaian, dan kelembutan; Blitar layak menjadi tempat yang kau kunjungi."
 
http://nenghepi.blogspot.co.id/2015/02/kota-blitar-wisata-rohani-ke-makam-bung.html
Sabtu, 28 November 2015. Aku menyelesaikan misi organisasi ke salah satu sekolah di Blitar bersama delegasi ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan yang lain. Tugas selesai dan berlanjut dengan menikmati wisata di Blitar. 

Alun-alun Kota 

Menyusuri alun-alun kota Blitar; banyak hal yang tak terduga. Memang secara kasat mata tak jauh berbeda dengan alun-alun kota pada umumnya. Bedanya; alun-alun kota Blitar tak terlalu banyak permainan yang biasa ada di alun-alun kota pada umumnya. Sekali lagi, aku yang cenderung tidak suka keramaian terkagum lagi dengan kota Blitar; dengan segala ketenangannya.

Selasa, 01 Desember 2015

Blitar Journey #satu


Saat di Tulungagung

Jumat, 27 November 2015 aku pergi ke luar kota dalam rangka kegiatan ALUS Goes to School Java Tour 2015 organisasi ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perustakaan pada 28 November 2015. Sasarannya adalah beberapa sekolah yang ada di Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY. Kebetulan aku bertugas untuk AGTS Java Tour 2015 di Blitar, Jawa Timur.

Misi yang kami bawa ke sekolah adalah agar siswa semakin gemar dan cinta membaca pun juga cinta pada perpustakaan sebagai bentuk fisiknya. Kegiatan yang kami lakukan adalah pendidikan pemakai (user education), mendogeng (story telling), game perpustakaan, dan konsultasi perpustakaan.

Kuliah; saat dimana sayap kecilku megepak lebih lebar dan lebih luas dari saat masih duduk dibangku sekolah (pesantren). Kali ini aku diperkenankan menjejakkan kaki di Kota Blitar. Dari seorang teman yang kebetulan bertempat tinggal disana dan kuliah di Jogja, ia pernah bercerita sedikit tentang Blitar dimana tempat pusara Bung Karno berada.