Senin, 23 Februari 2015

Sowan Budaya Jogja



Nol KM dan Taman Budaya

“Jogja kau adalah kota pelajar, kota seni, kota budaya, kota sastra, kota wisata, kota gudeg, dan kota yang begitu Istimewa”.

Prajurit masa kerajaan di Abad modern :)

-- Kota pelajar, tampak dari banyaknya universitas, sekolah, perpustakaan, seminar dan kegiatan-kegiatan pendidikan yang melimpah ruah di Jogja.

-- Kota seni, tampak dari banyaknya karya-karya anak bangsa atau pun hasil seni warga Jogja yang menjadi icon kota Jogja. Di Jogja pula lah terlahir banyak seniman-seniman yang luar biasa.

-- Kota budaya, tampak dari berbagai event yang seperti tak ada habisnya di Jogja. Sekaten, festival budaya, pagelaran seni, dan lain sebagainya.

Sabtu, 21 Februari 2015

Launching Novel



Launching Buku Novel : Mimpi Anak Pulau Karya Abidah El Khalieqy

“Tanamlah mimpi,
Biarkan ia tumbuh dengan doa-doa,
Dan kita tunggu hasil buahnya yang tidak hanya  satu, tetapi banyak.”

Beberapa waktu lalu saat kelas Bahasa Inggris II, Dosenku bu Labibah memberi info tentang acara Launching Novel. Sejujurnya aku sudah membaca info itu di papan pengumuman fakultas. Dan aku sangat tertarik. Entahlah,  para pemimpi yang sukses dengan mimpi-mimpi mereka adalah sosok yang ku kagumi. It’s the miracle of dreams. :D Tapi bukan hanya mimpi saja, ada perjuangan keras untuk mencapainya.

Selasa, 17 Februari 2015

Dia.. "Big Inspiration" !!!



Bismillahirrahmanirrahim...

“Inspirasi itu bersifat pribadi.
Kalaupun aku berjalan bersamamu,
inspirasimu  bukanlah inspirasiku.”

-- Ayah, Ibu, Adik tersayang juga para guruku, kakak dan sahabat ketika menjadi santri di pesantren modern Medan, kalian adalah sumber utama yang selalu membuat hidupku ceria dan berwarna. :)

Yah, sekelumit kisah tentang hal-hal yang sedikit pribadi, menurutku. Dan kalian tahu? Aku tak kan pandai mengurainya dengan kata yang indah dan enak dibaca. Namun, jari-jari mungilku akan terus mengetik, mengalir apa adanya hingga menjadi sebuah cerita.

Kamis, 12 Februari 2015

Matakuliah : Pembinaan Minat Baca



RESENSI NOVEL

Judul                : Pudarnya Pesona Cleopatra
Penulis             : Habiburrahman El Shirazy
Penerbit           : Republika
Tebal               : viii, 110 halaman
ISBN               : 979360400-X


Cerita dalam novel mini ini berawal tentang sosok AKU yang sangat mengagumi kecantikan paras gadis Mesir titisan Cleopatra tinggi semampai. Bermata biru, hidung mancung, dan lesung pipi yang membuat orang akan tersihir melihatnya. Cerita ini berlatar budaya Jawa yang terkenal dengan bakti pada orangtua. Si AKU dijodohkan dengan Raihana, gadis shalehah, hafal Al-Qur’an, dan lulusan terbaik di kampusnya. Namun si AKU tidak mencintai Raihana yang selalu setia dan berbakti padanya. Hingga suatu ketika AKU mendapat cerita tentang pemuda Indonesia yang menikahi gadis Mesir. AKU teriris mendengar kisah itu. Kenyataannya pemuda Indonesia tidak cocok menikah dengan gadis Mesir. Perbedaan yang cukup jauh dan besar sangat tidak memungkinkan untuk bisa bersatu. Ia teringat Raihana. Dan tumbuh rasa cinta dan rindu yang meggebu-gebu kepada Raihana. Namun saat ia sudah bisa mencintai Raihana. AKU kehilangan Raihana dan bayi yang dikandungnya. Mereka meninggal dunia. Dalam cerita tersebut. penulis menghadirkan pesan bagi para pendewa kencantikan. Agar tidak berlebihan memuja “kecantikan” juga gambaran ketaatan seorang istri kepada suaminya.